16 September 2024

KE KARIMUNJAWA ENAKNYA BACKPACKERAN ATAU IKUT OPENTRIP YA?

Di sini siapa yang ingin traveling ke Karimunjawa tapi masih bingung enaknya jalan sendiri atau ikut open trip?. Berdasarkan pengalamanku saat traveling ke Karimunjawa minggu lalu, opsi ‘Semi Backpacker’ mungkin bisa jadi pilihan yang tepat!

Yang di maksud jalan-jalan semi backpacker yaitu kita traveling berdasarkan itinerary yang kita buat sendiri. Namun, tetap ada beberapa aktifitas yang juga ikut open trip. Nah supaya kamu ada gambarannya, sekarang aku ceritain ya gimana caraku jalan-jalan semi backpacker ke Karimunjawa.

NAIK KERETA KE SEMARANG

Untuk menuju ke Karimunjawa, kita bisa memulainya dari Semarang. Kamu bisa naik transportasi apa pun untuk menuju ke Semarang. Berhubung aku domisili Bandung, jadi aku memutuskan untuk naik Kereta Api saja.

Adapun harga tiket kereta Api dari Stasiun Bandung menuju Stasiun Semarag Tawang yaitu 350.000. Aku naik kereta ekonomi premium karena menurutku seatnya sudah cukup nyaman.

Sesampainya di Semarang aku langsung menuju ke hotel terlebih dahulu, soalnya jadwal kedatangan keretaku jam 1 pagi jadi aku harus booking hotel untuk istirahat semalaman.


Berhubungan aku hanya transit sebentar di Semarang, jadi aku memilih hotel yang tidak terlalu mahal. Akhirnya pilihanku jatuh ke Bobopod Kota Lama Semarang. Suka banget stay di sini karena hotelnya super nyaman, bersih dan harganya juga aman dikantong.

Selain itu, Bobopod Kota lama Semarang juga berada di lokasi yang strategis. Jadi selama aku stay di sini, aku bisa sekalian jalan-jalan disekitar Kota Lama Semarang yang super cantik.

Hotel Bobopod Kota Lama Semarang ini aku booking lewat Traveloka ya friend, ini link pemesanannya langsung pencet aja. Harga cuma 100ribuan aja friend.

NAIK TRAVEL KE PELABUHAN KARTINI

Dari semarang kita harus naik Travel menuju Pelabuhan Kartini di Jepara. Sebetulnya di Semarang juga ada Pelabuhan yang bisa mengantarkan kita ke Karimunjawa. Tapi sayangnya jadwal kapalnya tidak menentu dan ketika sampai di Karimunjawa kita akan diturunkan di Pelabuhan Legon Bajak yang mana itu bukan pusat keramaian Karimunjawa.

Sedangkan jika kita naik kapal dari Pelabuhan Kartini di Jepara, kita akan turun di Pelabuhan Karimunjawa yang mana ini adalah lokasi yang biasa dipakai para turis untuk memulai explore Karimunjawa. Dan menurutku ini adalah pilihan yang tepat!

Untuk mobil Travel menuju Pelabuhan Kartini bisa kita pesen lewat Traveloka ya. Untuk jam keberangkatan tinggal disesuaikan saja dengan jadwal itinerary kamu. Tenang saja, pilihan mobil travel ke Pelabuhan Kartini di Jepara ada banyak kok. Nah, kemarin aku dapet Travel dari Daytrans diharga 60.000/orang.

Lama perjalanan dari Semarang ke Pelabuhan Kartini harusnya 2 jam, tapi pengalamanku kemarin mobilnya baru sampai setelah 3 jam perjalanan. Untung saja aku tidak ketinggalan kapal.

Jadi untuk kamu yang mau naik mobil Travel, pilih jam keberangkatannya jangan terlalu mepet dengan jadwal kapal ya.

NAIK KAPAL SIGINJAY MENUJU KARIMUNJAWA

Sampai di Pelabuhan Kartini di Jepara aku langsung mencari warung nasi untuk dibungkus sebagai bekal makan pagiku di kapal. Mengingat lama perjalanan kapal fery ini memakan waktu sampai 5 jam lebih. Namun, jika kamu ingin cepat sampai, kamu bisa naik kapal Bahari Express yang hanya 2 jam saja perjalanan menuju Karimunjawa.

Untuk pemesanan tiket kapal Siginjay bisa langsung ke aplikasi Ferizy. Sedangkan untuk kapal cepat pesannya di aplikasi Bahari Express. Untuk harga kapal lambat SIginjay 105.000 per orang sedangkan kapal cepat Bahari Express sekitar 230.000. Jangan lupa siapkan plastik ya, jaga-jaga kalau nanti mabuk laut.

SEWA KENDARAAN DI KARIMUNJAWA

Sesampainya di Karimunjawa kita akan ditawari oleh banyak tukang sewa kendaraan. Sebetulnya bisa saja kita berjalan kaki menuju pusat kota di Karimunjawa, tetapi kalau kita mau explore Karimunjawa saran dariku mending kita sewa kendaraan deh.

Aku sendiri pilih sewa motor yang sudah aku pesan dari jauh-jauh hari. Jadi ketika sampai di Pelabuhan Karimunjawa aku bisa langsung mengambil unit motornya dan bisa langsung explore Karimunjawa saat itu juga. Untuk harga sewa motornya aku dapat di harga 75.000 per hari.

EXPLORE KARIMUNJAWA BISA KE MANA AJA?

Karimunjawa merupakan pulau yang tidak terlalu besar. Bahkan kita bisa mengelilingi pulau Karimunjawa dalam satu hari saja. Nah, berikut ini ada beberapa destinasi di Karimunjawa yang ga boleh kamu lewatin. Asli deh tempatnya cantik-cantik banget!


  1. PANTAI BOBBY: Pantai ini biasa dipakai untuk berburu sunrise. Tapi menurutku, waktu terbaik ke Pantai Bobby justru ketika siang sampai sore hari. Kalau pagi hari air pantainya sering naik, sedangkan disiang hari air pantainya surut dan menciptakan view pantai yang cantik banget. Air pantainya jadi lebih jernih dan asyik dipakai untuk berenang. Pantai ini benar-benar dikelola dengan baik! Ga rugi deh bayar tiket masuk sebesar Rp.10.000 perorang di Pantai Bobby. 


  2. PANTAI TANJUNG GELAM: Ingin mencari spot sunset terbaik di Karimunjawa? Datang saja ke Pantai Tanjung Gelam. Hanya dengan membayar tiket sebesar Rp.5000 perorang. Kita sudah bisa main di pantai dan menikmati sunset yang indah banget. Ga tau kenapa sunset di Karimunjawa tuh ga pernah gagal, pokoknya selalu bagus!. Di sini juga ada pohon kelapa viral yang banyak dijadikan orang-orang untuk mengambil foto. Harap antri yah karena pengunjung yang mau foto-foto di pohon kelapa ini ada banyak banget. 


  3. SUNSET BEACH: Tak jauh dari Pantai Tanjung Gelam terdapat pantai ‘Sunset Beach’. Walau view sunsetnya tetap sama tapi yang membedakan tempat ini yaitu adanya penampilan live musik DJ di pinggir pantai. Jadi untuk kamu yang suka berjoget sambil menikmati sunset pantai ini bisa jadi pilihan yang tepat. 
  4. PANTAI BATU TOPENG: Tepat disamping Pantai Sunset Beach terdapat pantai Batu Topeng yang suasananya jauh lebih tenang. Namun, setelah matahari terbenam tempat ini biasanya langsung sepi pengunjung. Bahkan di sini ga ada penerangan sama sekali.


  5. ANNORA BEACH: Pantai yang satu ini juga wajib masuk list. Ga cuma punya pantai yang bagus, di sini juga ada bukit dengan view yang cantik banget. Harga tiket masuknya 10.000 perorang dan menurutku ini worth it banget. 


  6. BUKIT LOVE: Ga lengkap rasanya ke Karimujawa tapi ga berfoto di icon Karimunjawa yang satu ini. Harga tiket masuknya Rp.15.000, di sini kita bisa berfoto dibeberapa spot foto yang cukup mantap. 


  7. MAKAN SEAFOOD DI ALUN-ALUN KARIMUNJAWA: Sebetulnya di Karimunjawa ada banyak warung makan. Tapi coba deh kamu datang ke Alun-alun saat malam hari karena di sini ada banyak yang jual seafood dengan harga yang afforfable tapi rasa masakannya enak-enak banget!
Selain destinasi yang aku sebitin di atas, kita juga bisa explore secara random pulau Karimunjawa karena ada banyak tempat yang gratis.

ONE DAY TRIP DI KARIMUNJAWA

Liburan ke Karimunjawa wajib banget ikut One Day Trip Hopping Island ya. Untuk trip ini kita bisa booking langsung lewat travel agent ketika kita sudah sampai di Karimunjawa. Namun, saran dariku mending bookingnya dari jauh-jauh hari deh.

Aku pribadi booking lewat Traveloka Experience dan dapat di harga 245rb. Menurutku harganya cukup terjangkau tapi tripnya bener-bener worth it.

Selama ikutan One Day Trip ini kita akan diantar kebeberapa spot snorkeling seperti Pulau Menjangan Kecil, Pulau Cemara Besar / Pulau Geleang dan juga ke penangkaran hiu. Trip ini sudah include makan siang dan dokumentasi menggunakan Gopro maupun drone.

Sumpah sih kamu harus banget ikut trip ini karena destinasi yang ditawarkan bener-bener secantik ini dong!.



REKOMENDASI HOTEL SELAMA DI KARIMUNJAWA


Berikut ini beberapa rekomendasi hotel di Karimunjawa yang pernah aku inepin dan menurutku hotelnya bagus.

  1. Al kabron Inn: Hotel budget ini menawarkan kamar tipe dormitory yang cocok untuk backpacker. Tapi kalau mau lebih privat bisa pilih tipe kamar privat yang designya super estetik. Harga mulai dari 100ribuan aja lo. Pesannya DI SINI YA.

  2. The Bodhi Tree: Hotel ini cuma selangkah ke alun-alun. Konsep kamarnya estetik banget dan kamar mandinya semi putdor ala-ala Bali gitu. Recommend deh stay di sini, harga juga aman di kantong, mulai dari 300ribuan aja. Pesannya DI SINI YA. 

  3. Blue Laguna Inn: Asiknya stay di sini kita bisa cobain staycation di atas laut. Kamar hotelnya kayak terapung gitu guys. Cus deh cobain juga stay di sini. Pesannya DI SINI YA. 

  4. Halo Sustainable Resort Karimunjawa: Hotel ini memang bukan hotel budget. Tapi kamarnya super nyaman banget, breakfastnya enak dan view dari hotelnya super cakep apalagi pas sunset. Pesannya DI SINI YA. 

  5. Royal Ocean View Beach Resort Karimunjawa: Kalau kamu berniat buat staycation di Karimunjawa, hotel ini wajib masuk list!. Asli deh seru banget stay di sini karena kita bsai lihat view pantai langsung dari dalam kamar. Terus kalau mau main ke pantai tinggal turun tangga aja deh, di sini ada jembatan dermaga yang bagus banget buat foto-foto. Pesannya DI SINI YA 

  6. Bunga Jabe: Kalau kamu berniat tinggal di Karimunjawa bagian Utara hotel ini bisa jadi pilihan. harga kamar yang murah dan bangunan dari kayu khas rumah Bugis ini bener-bener bikin nyaman lo. Pesannya DI SINI YA 

  7. Cozy Room at Laendra Sunset Beach: Ingin suasana Karimunjawa yang lebih tenang? cobalah stay di sini. Lokas hotelnya ada diujung Pulau Karimunjawa jadi gak heran kalau tempat ini bener-bener tenang dan jauh dari keramaian. Pesannya DI SINI YA 
Semua hotel dan experience selama di Karimunjawa aku pesen lewat Traveloka soalnya ada fitur Don't Worry No Rugi. Jadi kita bisa pesan hotel pakai sekarang bayarnya nanti atau bisa juga pesan pakai fitur Flexible Visit Date.
 
Puas jalan-jalan di karimunjawa aku langsung kembali lagi ke Bandung dengan rute yang sama seperti saat aku menuju ke Karimunjawa. Saran dariku jika ingin jalan-jalan semi Backpacker ke Karimunjawa kita harus sudah booking penginapan dan transportasi dari jauh-jauh hari ya supaya perjalanan kita lancar.

Enaknya jalan-jalan semi backpacker kita bisa punya waktu yang lebih fkexible untuk menikmati destinasi yang kita tuju. Jika ikut opentrip tentu kita harus mengikuti jadwal yang sudah ditentukan.

Untuk pemilihan penginapan juga kita bisa bebas menentukan sendiri akan stay di mana. Jadi menurutku jalan-jalan semi backpacker ini opsi yang paling cocok buat explore Karimunjawa.


Join Traveloka Affiliate di sini! Lumayan bisa dapet Traveloka Points yang bisa kita pakai buat jalan-jalan selanjutnya. #Creatifiliate 

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search